[language-switcher]
Beranda  Berita

Polda Riau Ringkus 2 Pelaku Penyelewengan BBM Bersubsidi Jenis Bio Solar

Tim Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau menangkap dua orang penimbun bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar, di Kota Pekanbaru.

Dua orang pelaku yang ditangkap itu masing-masing bernama Syafrison (42) seorang karyawan swasta, dan Wizra Ibrahma (40) selaku pengawas SPBU. Keduanya ditangkap pada Kamis 14 Maret 2024.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Nasriadi mengatakan dalam kasus penimbunan solar subsidi ini, pengawas SPBU memiliki peran penting.

“Modus mereka adalah memodifikasi tangki mobil colt diesel dengan kapasitas 3000 liter,” ungkap Kombes Nasriadi kepada Awak media, Jumat (15/3/2024).

Dari penangkapan dua tersangka itu, polisi turut mengamankan 1 unit mobil truk colt diesel dengan tangki modifikasi yang sudah terisi 1000 liter, surat kendaraan, 14 keping pelat kendaraan roda empat, 3 lembar print out barcode pertamina dan uang pembelian solar Rp 2,9 juta.

Pengungkapan ini berawal dari informasi tentang adanya penyalahgunaan BBM subsidi jenis solar di kawasan Jalan Cendana, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Petugas kepolisian lalu mendatangi lokasi dan mengamankan seorang pelaku bersama mobil truk colt diesel dengan tangki yang sudah dimodifikasi.

“Lalu Tim mengamankan juga pengawas SPBU, yang ikut terlibat penyalahgunaan BBM subsidi jenis solar tersebut. Kedua pelaku dan barang bukti diamankan ke Mapolda Riau untuk diproses hukum lebih lanjut,” Ucap Nasriadi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 55 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, Pasal 40 angka 9 UU Nomor 6 tahun 2023 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 2022 tentang Cipta Kerja menjadi UU, “Ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda Rp 60 miliar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Bagi Tugas dengan TNI Kawal Delegasi World Water Forum
Kakorlantas Lepas 2.446 Personel dan 310 Kendaraan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Kakorlantas Ungkap Surat Tilang ETLE Melalui Pesan WhatsApp Masih Dalam Kajian dan Sosialisasi
Polri Tetap Pakai Penyebutan KKB
Polri Tetap Pakai Penyebutan KKB
Polri Minta Masyarakat Waspadai Kejahatan Siber dengan Modus Email
Polri dan Pertamina Teken Kerjasama Pengamanan Objek Vital Nasional
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Banjaran Polresta Bandung Laksanakan Pengamanan Kegiatan Peribadatan Kenaikan Yesus Kristus
Polsek Dolok Panribuan Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Narkoba Melalui Sambang Door to Door
Sambang Tokoh Masyarakat,Bhabinkamtibmas Polsek Banjaran Wujudkan Kebersamaan Dalam Mejaga Kamtibmas
Polres Pagaralam gelorakan demokrasi pemilu damai bersama dengan unsur forkopimda
Bhabinkamtibmas Desa Langensari Polsek Solokanjeruk silaturahim dengan warga DESA LANGENSARI menyampaikan Himbauan Kamtibmas.
Polsek Sidamanik Bersinergi dengan TNI dalam Patroli Dialogis dan Sosialisasi Pencegahan Kriminalitas di Sidamanik
Lihat Semua
WordPress Lightbox