[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Purworejo Urai Ketersendatan Arus Lalu Lintas Di Depan Ramai

Purworejo,- Menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H fenomena ketersendatan arus lalin biasa terjadi, hal ini disebabkan banyaknya kendaraan pribadi baik roda 4 maupun roda 2 yang melakukan mudik. Mudik adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia yang dilakukan beberapa hari sebelum lebaran.

Seperti halnya yang dialami di Kabupaten Purworejo saat ini, dimana ketersendatan arus lalin terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Purworejo. Selain di jalan-jalan utama yang dipadati oleh kendaraan para pemudik, ketersendatan juga terjadi di pusat perbelanjaan di Kabupaten Purworejo karena banyak masyarakat yang berburu kebutuhan untuk mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Salah satunya ketersendatan yang terjadi di pusat perbelanjaan Pasar Baledono dan Simpang Tiga Plaza. Untuk menyikapi hal tersebut Polres Purworejo bersama Dinas Perhubungan Purworejo dan instansi terkait lainnya melakukan rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai ketersendatan tersebut, Minggu (7/4/2024).

Kapolres Purworejo melalui Wakapolres Purworejo Kompol Fadli SH, SIK. MH didampingi PJU Satlantas Polres Purworejo beserta Kepala Dinas Perhubungan Fitri Edi Nugroho SE. MM, menyampaikan rekayasa arus lalu lintas dilakukan dengan cara mengalihkan beberapa kendaraan yang tidak berkepentingan menuju pasar dan terutama mentertibkan parkir yang memakai bahu jalan.

“Untuk pemudik dari arah Magelang ke Purworejo yang melalui pusat perbelanjaan, kami alihkan ke jalur lain atau jalur alternatif sehingga dapat mengurangi ketersendatan arus lalin pada titik tersebut” katanya Kompol Fadli.

Wakapolres Purworejo menambahkan bahwa arus lalu lintas di depan Pasar Baledono dan Simpang 3 Plaza diberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu jalur dan telah dipersiapkan Pos Strong Point beserta beberapa anggota Kepolisian guna mengatur lalu lintas di sekitar pusat perbelanjaan tersebut.

“Rekayasa lalu lintas yang kami lakukan bersifat situasional dan apabila memang diperlukan kami juga akan memasang beberapa water barier di titik-titik yang arus lalu lintasnya rawan tersendat demi kelancaran dan kenyamanan arus mudik menjelang Lebarang 2024” jelas Waka Polres Purworejo.

Selain rekayasa arus lalu lintas di pusat perbelanjaan dan pertokoan, Polres Purworejo juga melakukan di beberapa titik lainnya yang rawan menimbulkan ketersendatan arus lalin. Ada beberapa Pos Pengaman menuju obyek wisata, Pos Terpadu di perbatasan dengan provinsi Jogjakarta dan beberapa Pos Pelayanan maupun Pos Strong Point lainnya yang dipersiapkan untuk membantu para pemudik.

“Kami menghimbau pada para pemudik yang akan melintas wilayah purworejo, karena jalur Purworejo merupakan titik lelah para pemudik maka apabila merasa ngantuk dan lelah agar beristirahat dan bila ada permasalahan – permasalahan di jalan bisa merapat ke pos pengamanan maupun pos pelayanan yang kami siapkan ” pungkas Waka Polres Purworejo.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Pawas Pimpin Piket Fungsi Polsek Medan Barat Patroli Presisi/Blue Light bantu masyarakat layani mobile objek rawan antisipasi kejahatan jalanan, Geng Motor dan 3C di Wilayah Hukumnya
Bhabinkamtibmas Desa Babakan, Bripka Asep Ransan Ganjar, Menyambangi Warga Masyarakat di KP. Lembang Desa Babakan
Kegiatan Kerja Bakti Bersama Bhabinkamtibmas Desa Babakan dan Anggota Linmas
Bhabinkamtibmas Desa Ciparay, Bripka Kokon Nurjaman, Menghadiri Pemakaman Anggota Linmas Desa Ciparay
Bhabinkamtibmas Desa Pakutandang, Briptu Indra Juniwawan, Melaksanakan Sambang Kamtibmas kepada Linmas Siaga Desa Pakutandang
Bhabinkamtibmas Desa Ciparay, Bripka Kokon Nurjaman, Melaksanakan Kegiatan Sebagai Pembina Upacara di MTs At Taqwa
Lihat Semua
WordPress Lightbox