[language-switcher]
Beranda  Berita

Patroli Harkamtibmas Dialogis Dengan Petugas Siskamling Desa Pastikan Situasi Aman

Polres Jomban- Dalam upaya memastikan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif pada lingkungan pemukiman, pada malam ini, unit patroli Polsek Ngoro dibawah kendali Kanit Ps. Samapta Polsek Ngoro Aipda Nanang kurniawan bersama brigadir Nova anggik melaksanakan patroli dialogis dengan petugas jaga Siskamling di RT 01/RW 02, Dusun Jombok, Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Rabu (17/4/24).

Kegiatan sambang sekaligus dialogis dengan petugas jaga pos kamling sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, karena telah membantu tugas kepolisian dalam hal menjaga kemanan dan ketertiban di lingkungannya. Petugas patroli tidak lupa menyampaikan himbauan Kamtibmas kepada warga yang ada di Pos Kamling desa tersebut agar lebih meningkatkan kewaspadaan saat melakukan tugas jaga/ronda maupun kegiatan patroli di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Pada malam ini terlihat masyarakat aktif menjaga pos kamling dari pukul 22.00 WIB sampai menjelang subuh untuk memastikan lingkungan pemukiman dalam keadaan aman. Selain itu juga untuk menyerap informasi Kamtibmas serta memotivasi warga dalam pelaksanaan Siskamling

Menurut Aipda Nanang Kurniawan, menjaga keamanan dan ketertiban wilayah merupakan tanggung jawab dari semua warga, untuk itu perlu motivasi dari pejabat kampung dan masyarakat yang ada di lingkungannya serta Babinkamtibmas agar warga aktif melaksanakan pembinaan kepada warganya pada kegiatan Siskamling secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. “Keamanan dan ketertiban lingkungan adalah tanggung jawab setiap warga bukan merupakan tanggung jawab perangkat desa, Babinsa maupun Babinkantibmas saja,” jelasnya.

Potensi-potensi kerawanan selama bulan puasa perlu diantisipasi terutama pada waktu rumah ditinggal penghuninya, perlu diberi himbauan agar dikunci pintu, pagar, jendela, garasi, matikan kompor, air dan aliran listrik yang tidak perlu.

Masih kata Aipda Nanang Kurniawan, Babinsa dan Babinkamtibmas juga pejabat desa hanya bisa menghimbau, mendampingi serta memotivasi warga agar aktif melaksanakan Siskamling sehingga keamanan dan ketertiban lingkungan selalu dalam keadaan kondusif.

“Dengan adanya kegiatan Siskamling ini tentunya disini kita membuat agar masyarakat lebih sadar akan hukum, dan juga agar terciptanya silaturahmi antar sesama masyarakat yang lebih terjalin lagi, dan paling utamanya untuk antisipasi terjadinya kejahatan konvensional dilingkungan kampung ini, dan Allhamdullillah saya juga ingin polisi khususnya lebih dekat dengan masyarakat dan humanis, agar tercipta kesadaran akan hukum dan tentang situasi kampung .” Paparnya.

Selain itu juga menghimbau kepada petugas jaga Siskamling agar melaksanakan patrol keliling dan memantau orang asing yang masuk ke kampung halaman guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Senada dengan yang di sampaikan Aipda Nanang Kurniawan, Ketua RW 02 Dusun Jombok Desa Jombok bapak Sukarno mengatakan. “Tentunya ada hikmah yang kami dapati dalam melakukan ronda ini, terlebih seperti saat pandemi mengantisipasi timbulnya tindak kejahatan, kenakalan-kenakalan remaja, termasuk kriminalitas seperti pencurian, kami bisa memantau rumah-rumah warga yang di tinggal istirahat oleh pemiliknya dan kami berharap kegiatan kami ini dapat menjadi contoh bagi para warga yang belum mengaktifkan kegiatan rondanya”, ucap Ketua RW 02 Dusun Jombok, Desa Jombok kepada awak media.

Sementara itu Kapolsek Ngoro AKP Subandrio, SH, mewakili Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi, S.H, S.I.K, M.Si pada kesempatan lain mengatakan “pihaknya berharap, semoga dengan partisipasi warga, Bhabinkamtibmas dan pejabat kampung sinergis melaksanakan Siskamling agar keamanan dan ketertiban di lingkungan desa selalu terpelihara”, pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Siapkan 10 Satgas Amankan World Water Forum Ke-10 di Bali
Polri Turunkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polri Sebut Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas Menurun Saat May Day
Pererat Hubungan Kerja, Dankorbrimob Terima Kunjungan DSS ATA Kemenlu Amerika Serikat
Hardiknas, Kapolri Sebut Semua Pihak Bisa Berperan Majukan Pendidikan
Polri Luncurkan Whistle Blowing System untuk Awasi Proses Rekrutmen Anggota
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di Simalungun Berlangsung Meriah dengan Kehadiran Pejabat Tinggi Daerah
Polsek Raya Galakkan Sosialisasi Anti-Narkoba Melalui Patroli Dialogis di Kampung Bebas Narkoba Nagori Dame
Polsek Perdagangan Gelar Dialog Kamtibmas di Warung Bapak Sudar, Ajak Masyarakat Aktif Jaga Keamanan
Bhabinkamtibmas Polsek ajak warga  Untuk Jaga Keamanan Bersama
Rayakan Hari Pendidikan Nasional, SMAN 1 Raya Kahean Gelar Upacara Bersama Forkopimca
Terjunkan Personel di Titik Rawan, Polsek PUT Pastikan Keamanan Bagi Pengguna Jalan
Lihat Semua
WordPress Lightbox