[language-switcher]
Beranda  Berita

Cegah pungutan liar, Bhabinkamtibmas Matakus Mensosialisasikan Saber Pungli kepada Nelayan

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Guna mencegah terjadinya Pungutan Liar (Pungli), Bhabinkamtibmas Desa Matakus sambangi Masyarakat yang berprofesi sebagai Nelayan di Desa Matakus, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pemandangan yang tak biasa diperlihatkan oleh Bhabinkamtibmas Bripka BRIAN CHRISTOFFEL dalam memberikan materi sosialisasi tentang Saber Pungli kepada para Nelayan Ikan Kerapuh yang berlokasi di tengah lautan tepatnya diatas Keramba pada Perairan Pulau Matakus, Sabtu (20/04/24).

Dalam sosialisasinya tersebut, Bhabinkamtibmas menjelaskan tentang pemberantasan Pungutan Liar (Pungli) dengan mengacu pada Perpres nomor 87 Tahun 2016 tentang pembentukan Saber Pungli, dengan maksud agar masyarakat dapat mengerti dan mengetahui serta mengenal lebih dekat tentang pungutan liar, sasaran dan akibat yang ditimbulkan yang berdampak pada pelanggaran hukum.

“Pungli merupakan tindakan yang melanggar hukum dan dapat dijerat pidana, baik kepada pihak yang memberi maupun yang menerima. Untuk itu,segera laporkan apabila menemukan atau memgetahui” ucap Bhabinkamtibmas.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas mengajak warga binaan yang berprofesi sebagai Nelayan tersebut agar segera laporkan kepada Satgas Saber Pungli maupun Bhabinkamtibmas apabila menemukan atau mengetahui adanya praktek Pungutan Liar, sehingga dapat dengan segera untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Diharapkan peran serta kita semua dalam memberantas adanya Praktek Pungutan Liar, yaitu dengan tidak memberikan maupun menerima imbalan apapun” ujar Bhabinkamtibmas.

Disela-sela mensosialisasikan tentang Saber Pungli, Bhabinkamtibmas juga menghimbau kepada para Nelayan untuk selalu mengutamakan keselamatan diri serta mewaspadai kemungkin terjadinya perubahan iklim akibat cuaca ekstrim. Ia juga berpesan agar pastikan terlebih dahulu kondisi cuaca sebelum Melaut, apabila terjadi hujan lebat disertai angin kencang sebaiknya ditunda hingga cuaca kembali normal.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Desa Pakutandang, Briptu Indra Juniwawan, Melaksanakan Sambang Kamtibmas kepada Linmas Siaga Desa Pakutandang
Bhabinkamtibmas Desa Ciparay, Bripka Kokon Nurjaman, Melaksanakan Kegiatan Sebagai Pembina Upacara di MTs At Taqwa
Guna Memastikan Wilayah Hukum Polsek Cimaung Aman Personil Laksanakan Patroli Dialogis Malam Hari
Pastikan Situasi Wilayah binaan Kondusif, Binmas Desa Cinunuk Kontrol Siskamling Warga
Pastikan Warga Lancar Berkendara, Polsek Cangkuang Tempatkan Personil dititik Strong Point
Kunjungi Warga Di Desa Binaan, Bhabinkamtibmas Polsek Cimaung Sampaikan Pesan Kamtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox