[language-switcher]
Beranda  Berita

Masyarakat Rt. 8 Kelurahan Lingkas Ujung Sampaikan Keluhan Pencurian, Polres Tarakan Responsif Tingkatkan Patroli

TARAKAN – Polres Tarakan, Pada hari Rabu, tanggal 27 Februari 2024, sekitar pukul 21.45 Wita, di rumah milik Bapak Rustam, Ketua RT 8 Kelurahan Lingkas Ujung, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, telah berlangsung kegiatan Rabu Ngobras (Rabu Ngobrol Bareng Sabhara) bersama masyarakat daerah Lingkas Ujung.
Dalam kegiatan tersebut, hadir Kasat Sabhara Polres Tarakan, IPTU M.Imran Tawainellah, Kapolsek KSKP IPTU Sri Djayanthi Madogo, S.Tr.K, KBO Sat Binmas Polres Tarakan IPTU Muhkoiri, Kanit Reskrim Polsek KSKP, personel Sat. Sabhara Polres Tarakan, serta 50 orang masyarakat Rt. 08 Lingkas Ujung.
Disampaikan Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P.Siregar, S.H.,S.I.K melalui Kasat Sabhara Polres Tarakan IPTU M. Imran Tawainella, “Kegiatan Rabu Ngobras ini merupukan kegiatan rutin polres tarakan, dalam menjalin komunukasi dengan masyarakat, guna mendengarkan aspirasi dan keluh kesah masyarakat terkait situasi kamtibmas secara langsung.” Jelas IPTU Imran.
Dalam giat kali ini beberapa masyarakat menyampaikan keluhan dan pertanyaan terkait keprihatinannya terhadap meningkatnya kasus pencurian di lingkungannya. Dia meminta pihak kepolisian untuk meningkatkan patroli dialogis guna meningkatkan keamanan.
“Banyaknya kasus pencurian yang terjadi di Rt. 8 Kel. Lingkas Ujung sehinga kami masyarakat meminta kepada pihak Kepolisian untuk meningkatkan Patroli dialogis”ungkap pak Rustam.
Selain itu, pertanyaan pun diajukan mengenai penanganan kasus pencurian dengan nilai dibawah Rp. 2.500.000, apakah pelaku dapat ditahan oleh pihak kepolisian.
Pertanyaan lain yang diajaukan terkait tindakan yang dapat diambil oleh masyarakat jika menemukan atau berhasil menangkap pelaku pencurian. Apakah boleh melakukan tindakan sendiri, seperti main hakim sendiri, untuk memberikan efek jera kepada pelaku
Dalam menjawab pertanyaan dan keluhan dari masyarakat, pihak kepolisian memberikan tanggapan yang jelas. Mereka menjelaskan bahwa kegiatan patroli Sat Sabhara merupakan kegiatan rutin Polres Tarakan untuk menjaga keamanan. Selain itu, mereka mengimbau agar masyarakat juga aktif dalam menjaga kamtibmas dengan mengaktifkan kembali Pos Kamling di setiap RT.
“Saat ini patroli Sat Sabhara baik R2 maupun R4 merupakan salah satu kegiatan rutin Polres Tarakan yang mana Sat Sabahara memilik 4 regu patroli yang biasanya melaksanakan patroli ke daerah-daerah rawan terjadinya tindak pidana dan Kami pihak Kepolisian juga mengharapkan agar seluruh elemen-elemen masyarkat juga ikut menjaga Sit Kamtibmas dengan cara mengaktifkan kembali Pos Kamling di setiap Rt nya.” Jelas kasat sabhara.
Dan terkait kasus pencurian dengan nilai dibawah Rp. 2.500.000, pelaku akan tetap diproses secara hukum tanpa penahanan. Mereka juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan tindakan main hakim sendiri yang dapat memicu masalah baru.
“jika terjadi kasus pencurian dengan nominal dibawah Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) maka pelaku pencurian tersebut tetap akan dilakukan proses tipiring yang mana pelaku tidak ditahan/sel tetapi pelaku diwajibkan untuk melakukan wajib lapor kepada pihak Kepolisian sampai proses tipiring tersebut selesai.” Ungkap iptu Imran.
Kapolsek KSKP IPTU Sri Djayanthi Madogo, S.Tr.k menambahkan “jika terdapat adanya masyarakat yang terlebih dahulu mengamankan /menangkap pelaku pencurian agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian dan diharapkan agar masyarakat tidak melakukan tindakan berupa main hakim sendiri.”Imbau Kapolsek KSKP.
Kegiatan ini tidak hanya sekadar pertemuan rutin, tetapi juga menjadi wujud sinergi antara Polri dengan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua pihak. Diharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini, akan terus terjalin kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat untuk meningkatkan keamanan di wilayah hokum polres tarakan(HumasResTrk).

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Bagi Tugas dengan TNI Kawal Delegasi World Water Forum
Kakorlantas Lepas 2.446 Personel dan 310 Kendaraan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Kakorlantas Ungkap Surat Tilang ETLE Melalui Pesan WhatsApp Masih Dalam Kajian dan Sosialisasi
Polri Tetap Pakai Penyebutan KKB
Polri Tetap Pakai Penyebutan KKB
Polri Minta Masyarakat Waspadai Kejahatan Siber dengan Modus Email
Polri dan Pertamina Teken Kerjasama Pengamanan Objek Vital Nasional
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Penukal Abab Gelar Razia dan Patroli Ciptakan Kamtibmas Kondusif
Dua Pelaku Pencurian Besi Beton di Proyek Perumahan di Simalungun Ditangkap, Satu Masih Diburu
Polres Bangka dan Polsek Jajaran Berikan Pengamanan Kepada Masyarakat Yang Beribadah Perayaan Kenaikan Isa Almasi
Polres Sekadau Jaga Kelancaran Ibadah Kenaikan Isa Al Masih, Puluhan Personel Diterjunkan
Polsek Tanah Abang Gelar Patroli dan Pengaturan Lalu Lintas Ciptakan Kamtibmas Kondusif Di Wilayah Hukumnya
Ditemukan Pria Tidak Sadar Diri Di Dekat Sungai Kali Babon Kota Semarang
Lihat Semua
WordPress Lightbox